Only Sample E-Commerce Website!

Peninggalan Kota Kapur Bangka Belitung

Pernah Singgah ke Kota Kapor?? Kota Kapur merupakan situs benteng tanah tempat ditemukannya Prasasti Kota Kapur, berangka tahun 608 saka (686 Masehi), yang merupakan prasati persumpahan berbentuk lingga dengan bahasa Melayu kuno dan ditulis dalam aksara palawa, yang menjadi penanda bahwa wilayah tersebut merupakan bagian dari Kerajaan Sriwijaya. Pada akhir prasasti disebutkan bahwa prasasti dipahat pada tanggal 28 April 686, ketika Bala tentara Sriwijaya baru berangkat menyerang Bhumi jawa.

Prasasti tersebut ditemukan oleh J.K. van der Meulen pada bulan Desember 1892 . Selanjutnya, prasasti ini pertama kali dianalisis oleh H. Kern, seorang ahli epigrafi bangsa Belanda yang bekerja pada Bataviaasch Genootschap di Batavia. Replika prasasti dapat dilihat di Museum Timah Indonesia. Situs ini terletak di Desa Kota Kapur, Kec. Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Sebelum Sriwijaya, kelompok masyarakat yang menghuni pemukiman di dalam lingkungan benteng tanah adalah penganut ajaran Hindu Waisnawa seperti yang berkembang di Asia tenggara daratan dan Pantai Utara Jawa. Dari pemukiman itu dipasarkan Kapur Sirih.

Pada tahun 1922, ditemukan bagian atas sebuah arca yang berciri-ciri sebagai arca Wisnu, yang berdasarkan langgamnya diduga berasal dari sekitar abad 6-7 masehi dengan langgam Pra-Angkor yang mengindikasikan bahwa Kota kapur berhubungan dengan Kerajaan di Asia tenggara daratan. Selanjutnya pada tahun 1993 ditemukan struktur bangunan dan potongan-potongan arca.
 

Salam Sobat BAKTI, Disini kami hanya sebagai team yang ingin memasarkan produk yang ingin sobat perjual-belikan di e-commerce online. Kami siap memberikan penempatan iklan produk yang ingin dijual. Silahkan email dan upload photo beserta deskripsi produk. Semoga blog ini berguna bagi banyak orang, terutama di daerah Pangkalpinang Khususnya - Team BAKTI


Please Share This Blog! Thanks...

Get Free Updates in your Inbox
Follow us on:
facebook twitter gplus rss

0 komentar:

Coment ID

 
2013 SMK BAKTI PANGKALPINANG | Jasa Webs PKP for Amazone Zona Shopp Special Thanks: WooThemes Coupon Code, copyright blogger.com
Join us on Facebook Follow us on Twitter Add us on G+ Subscribe to RSS