Only Sample E-Commerce Website!

7 Permainan Tradisional Anak Yang Keren Bangka Belitung

Inget jaman dulu nieh Bro...

Sama seperti anak-anak didaerah lainnya, di Bangka Belitung juga ada berbagai permainan khas yang sering dimainkan. Permainan yang sering dimainkan oleh banyak anak-anak di Bangka ada banyak sekali dan 7 permainan yang paling sering dimainkan adalah sebagai berikut :

 
 
 
 
 
 
 
 
1. PANGKAK IGIK KARET
 
Pangkak Igik Karet merupakan sebuah permainan tradisional yang digali dari kebiasaan kehidupan masyarakat Bangka pada masa silam. Pangkak Igik Karet yang diartikan sebagai saling beradu memecahkan buah karet. Lazim permainan ini dilakukan masyarakat  tempo dulu usai bekerja di kebun, sekedar untuk menghilangkan kejenuhan dan penatnya. Dan tak jarang dimainkan oleh anak-anak. Sayangnya, permainan yang sarat makna nilai tradisi itu perlahan mulai hilang di tengah-tengah peradaban masyarakat sekarang ini.

2. PANGKAK GASING
 
Permainan Gasing atau Gangsing sudah dikenal sejak dulu di Kepulauan Bangka Belitung. Meskipun gasing ini juga dimainkan di daerah lain di Indonesia, namun gasing dari Bangka Belitung mempunyai daya tarik tersendiri. Gasing berbahan dasar kayu ini diukir sedemikian rupa sehingga menarik dan mampu bertahan hingga putaran yang lama sekali. Bahan dasar kayu yang menjadi kesukaan adalah kayu pelawan. Saya Tekstur kayu pelawan yang keras dan juga kuat menjadi andalan ketika bermain gasing ini. Gasing ini kemudian diadu, atau istilah di Bangka di pangkak. Kata "Pangkak" kira-kira jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah hantam; menghantam; bentur; membenturkan dua buah benda dengan keras. Karena permainan pangkak gasing ini dimainkan dengan cara membenturkan gasing lawan yang lebih dulu di mainkan dengan gasing kita. Kemudian berlomba untuk lebih lama berputar di arena yang disediakan.

3. SEMBUNYI GONG
 
Sembunyi gong adalah nama yang sering disebut dalam istilah Bangka, nama dalam istilah Indonesia adalah petak umpet. Permainannya pun hampir sama seperti permainan petak umpet pada umumnya. Permainan ini sering dimainkan anak-anak setelah pulang sekolah. biasanya mereka berkumpul disuatu tempat, bisa kebun untuk bermain sembunyi gong ini. Permainan ini dimainkan secara berkelompok dan ada satu anak yang menjaga. Jika anak gagal menjaga gongnya. Maka ia akan menjadi penjaga sampai semua anak yang sembunyi ditemukan.

4. SAK USEK
 
Sak usek adalah permainan kejar-kejaran, dimana ada satu anak yang bertugas untuk mengejar anak yang lainnya. Sampai semua anak dapat dikejar maka permainan akan diulang dari awal, dan yang menjadi pengejar selanjutnya adalah anak yang dapat ditangkap pertama kali.

5.ASAK-ASAK
 
Asak- asak adalah permainan yang sering dilakukan oleh anak-anak perempuan. Permainannya adalah permainan masak-masak dari pasir, daunan dan sebagainya. Anak laki-lakipun sering ikut, misalnya menjadi seorang ayah dalam permainan tersebut.

6. SETAL / KELERENG
 
Permaianan kelereng sering dimainkan anak-anak di Bangka, ada banyak tipe permainanya, seperti pot, peris, tulang ikan, ceplok dan lainnya. Permainan kelereng ini dilakukan beramai-ramai. Biasanya dimainkan di sore hari.

7. CAK LINGKING
 
Caklingking adalah permainan yang berjalan atau meloncat dengan kaki satu. Sebelum bermain ini anak-anak haruslah membuat kotak-kotak yang akan mereka loncati. Dan mereka harus memiliki tago. Tago yaitu batu yang akan mereka lempar kekotak berurutan. 
 
8. Sembiloon

Ada lagi tambahain Bro...

Salam Sobat BAKTI, Disini kami hanya sebagai team yang ingin memasarkan produk yang ingin sobat perjual-belikan di e-commerce online. Kami siap memberikan penempatan iklan produk yang ingin dijual. Silahkan email dan upload photo beserta deskripsi produk. Semoga blog ini berguna bagi banyak orang, terutama di daerah Pangkalpinang Khususnya - Team BAKTI


Please Share This Blog! Thanks...

Get Free Updates in your Inbox
Follow us on:
facebook twitter gplus rss

0 komentar:

Coment ID

 
2013 SMK BAKTI PANGKALPINANG | Jasa Webs PKP for Amazone Zona Shopp Special Thanks: WooThemes Coupon Code, copyright blogger.com
Join us on Facebook Follow us on Twitter Add us on G+ Subscribe to RSS